Purposive Random Sampling


TEKNIK SAMPLING  AND SAMPEL
Proportional  Random  Sampling
By
Agus Riyanto
           
A.      Teknik Sampel
Teknik pengambilan sampel ini dengan cara  proportional  random  sampling. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh guru  SMP Negeri X yang berjumlah 4 sekolah, yaitu SMP Negeri 1 X, SMP Negeri 2 X, SMP Negeri 3 X dan SMP Negeri 4 X  yang berjumlah 105 orang guru yang  berstatus PNS atau honor. Sampel diambil sampel 50 yang ditentukan berdasarkan teknik penentuan ukuran sampel menurut Roscoe.

Penentuan ukuran sampel menurut Roscoe dalam Sugiyono (2007: 90) menyampaikan salah satu saran dalam menentukan ukuran sampel ”Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate (korelasi atau regresi ganda misal-nya), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti”. Penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas dan 1 variabel respon, dengan demikian terdapat 4 variabel. Peneliti menggunakan jumlah sampel sebanyak 12,5 kali dari jumlah variabel dengan demikian jumlah sampel adalah 4x12,5 = 50 sampel.

B.       Sampel
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang guru pada SMP Negeri di X. Jumlah sampel 50 tersebut selanjutnya diambil secara bertingkat sesuai dengan populasi pada tiap SMP Negeri. Untuk menentukan banyaknya sampel tersebut digunakan perhitungan banyaknya populasi tiap SMP dibagi dengan jumlah total populasi kemudian dikalikan dengan jumlah sampel yang akan ditentukan (Sugiyono, 2007: 90). Pendapat Sugiyono tersebut dapat diperjelas dengan penulisan sebagai berikut:

Mnggunakan rumus di atas diperoleh jumlah sampel dapat direkap dalam Tabel 3.1  di bawah ini.


Tabel 3.1.  Populasi dan Jumlah Sampel Penelitian
No
Nama Sekolah
Jumlah Populasi
Jumlah Sampel

1
SMP Negeri 1 X
44
21
2
SMP Negeri 2 X
25
12
3
SMP Negeri 3 X
16
8
4
SMP Negeri 4 X
20
9

Jumlah
105
50

Jumlah sampel dalam tabel 3.1 di atas diperoleh melalui perhitungan-perhitungan sebagai berikut.
1)      SMP Negeri 1 X
  


2)      SMP Negeri 2 X





3)      SMP Negeri 3 X





4)      SMP Negeri 4 X


        




Pengambilan sampel untuk menghindari subjektivitas dilakukan dengan cara undian, dengan cara: 1) semua nama guru per SMP ditulis dalam secarik kertas dan digulung lalu diundi, 2) nomor undian yang keluar dicatat, kemudian kertas digulung kembali dan dimasukan kembali dalam undian untuk menjaga ketelitian probabilitas sampling, 3) pengundian dilakukan sebanyak jumlah sampel per SMP yang akan diambil, 4) mengulangi langkah 1 s.d. 3 untuk pengambilan sampel pada SMP berikutnya....Here is the full article

Referensi

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

Please vote. Usefullness of this blog based on your view

Loading...

Sponsored by Randall's

Randall's ESL Cyber Listening Lab
This ESL/EFL multimedia site is designed to help English learners improve their listening comprehension through a variety of audio and video conversations, interviews, and news reports.

News 4 to day

Loading...
 
;