Multivariat Calculation

Assalamualaikum Wr. Wb


MULTIVARIAT CORRELATION TEST
By
Agus Riyanto*

Hi..guys…got trouble with the calculation of correlation with more then 2 variables? May be I can help you a little with this article. Pengujian korelasi lebih dari dua variabel  menggunakan teknik korelasi multivariate. You wanna more….let’s get down to business…

A.      Uji Korelasi Antarvariabel
Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi. Uji korelasi antarvariabel prediktor dengan variabel kriterium baik Y dengan X1,  Y dengan X2, Y dengan X3,  maupun antar variabel prediktor X1 dengan X2, X1 dengan X3, X2 dengan X3 dihitung dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment karena data yang dihasilkan adalah data yang berbentuk interval. Rumus tersebut adalah sebagai berikut.

rxy =
Hasil perhitungan selanjutnya dapat diinterprestasikan dengan dua cara, yaitu: 1) membandingkan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi nilai r (Riduwan, 2004: 136) atau dengan menggunakan rentang nilai korelasi menurut Young (Basrowi dan Soenyono, 2007: 109), 2) mengkonsultasikan dengan nilai r pada Tabel Harga Kritik dari r Product Moment (Arikunto, 1993: 149). Tabel interprestasi koefisien korelasi nilai r dapat dilihat pada pada Tabel 1 di bawah ini.

Tabel 1  Rentang Nilai Korelasi Young
Rentang Nilai
Interprestasi
0,700-1,000
Baik positif maupun negatif menunjukan derajat hubungan yang tinggi atau sangat erat
0,400-0,700
Baik positif maupun negatif menunjukan derajat hubungan yang substansial atau erat
0,200-0,400
Baik positif maupun negatif menunjukan derajat hubungan yang rendah atau cukup erat
<0,200
Baik positif maupun negatif menunjukan derajat hubungan yang dapat diabaikan
(Basrowi dan Soenyono, 2007: 109),
1)        Uji Korelasi Parsial Jenjang Pertama (A First Order Partial Correlation)
Uji korelasi parsial jenjang pertama merupakan uji korelasi antara satu variabel prediktor dengan variabel kriterium yang dikendalikan dengan satu variabel prediktor lainnya. Pengujian ini digunakan untuk mendapatkan angka indeks korelasi yang tidak terpengaruh oleh variabel lain. Pengujian ini juga merupakan salah satu pengujian tahapan untuk mendapatkan angka indeks yang nantinya digunakan dalam perhitungan pengujian korelasi ganda.
Keterangan:
=
Korelasi antara variabel Y (kriterium) dengan variabel X1 (prediktor) dengan dikontrol oleh variabel X2
=
Korelasi antara variabel Y dengan X2
=
Korelasi antara variabel X1 dengan X2
Keterangan:
=
Korelasi antara variabel Y (kriterium) dengan variabel X2 (prediktor) dengan dikontrol oleh variabel X1
=
Korelasi antara variabel Y dengan X2
=
Korelasi antara variabel X1 dengan X2

2)        Uji Korelasi Jenjang Kedua (A Second Order Partial  Correlation)
Uji korelasi jenjang kedua adalah uji korelasi antara variabel Y dengan salah satu variabel prediktor yang dikendalikan dengan dua variabel prediktor lainnya, Dengan demikian terdapat tiga pengujian dalam korelasi jenjang kedua ini yaitu: 1) korelasi parsial antara variabel Y dengan X1 yang dikendalikan oleh X2  dan X3, 2) korelasi parsial antara variabel Y dengan X2 yang dikendalikan oleh X1  dan X3, dan 3) korelasi parsial antara variabel Y dengan X3 yang dikendalikan oleh X1  dan X2.  Hasil perhitungan uji korelasi parsial jenjang kedua ini digunakan juga untuk syarat perhitungan uji korelasi ganda. Rumus-rumus yang digunakan adalah sebagai berikut di bawah ini.

B.       Uji Korelasi Ganda
Perhitungan korelasi ganda dengan empat variabel (tiga variabel prediktor dan satu variabel kriterium) selain dibutuhkan nilai rhitung­ korelasi antar variabel sebelumnya juga diperlukan r korelasi parsial antara variabel kriterium dengan variabel X3 yang dikendalikan oleh variabel X1 dan X2.  Perhitungan uji korelasi parsial jenjang pertama dan kedua telah dilakukan sebelumnya sehingga data indeks korelasi perolehan dari perhitungan tersebut dapat digunakan untuk menghitung korelasi ganda. COMPLETE ARTICLE HERE
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Please vote. Usefullness of this blog based on your view

Sponsored by Randall's

Randall's ESL Cyber Listening Lab
This ESL/EFL multimedia site is designed to help English learners improve their listening comprehension through a variety of audio and video conversations, interviews, and news reports.
 
;